Tujuan dan Manfaat Sistem Surveylans

Posted: Maret 20, 2011 in Lingkungan Umum

A. Tujuan Sistem Surveylans

Tujuan dari surveylans sangat tergantung kepada materi yang dikaji, apakah penyakit menular atau tidak menular serta masalah kesehatan lainnya. Sehingga dapat kita pertanyakan beberapa hal yang berhubungan dengan sistem surveylans yang berlaku. Namun inti dari semua sistem surveylans mengacu pada dua tujuan yaitu tujuan umum dan tujuan khusus.

  1. Tujuan umum, yaitu untuk memperoleh informasi epidemiologi penyakit tertentu dan mendistribusikan informasi tersebut kepada pihak terkait, pusat kajian dan pusat penelitian serta unit surveylans yang lainnya untuk bisa ditindaklanjuti.
  2. Tujuan khusus, beberapa tujuan khusus antara lain :
  • Mengumpulkan data kesakitan, data laboratorium dam Kejadian Luar Biasa (KLB) penyakit dan keracunan di puskesmas, rumah sakit dan laboratorium sebagai sumber data surveylans terpadu penyakit (STP).
  • Mendistribusikan data kesakitan, data laboratorium serta KLB penyakit dan keracunan tersebut kepada unit surveylans Dinas Kesehatan Kabupaten atau kota, propinsi dan Ditjen P2MPL.
  • Melaksanakan pengolahan dan penyajian data penyakit dalam bentuk tabel, grafik, peta dan analisis epidemiologi lebih lanjut pada unit surveylans Dinas kesehatan kabupaten atau kota, propinsi dan Ditjen P2MPL.
  • Mendistribusikan hasil pengolahan dan penyajian data penyakit beserta hasil analisis epidemiologi lebih lanjut dan rekomendasi program terkait di puskesmas, rumah sakit, laboratorium, kabupaten atau kota, propinsi, nasional, pusat penelitian, pusat kajian, perguruan tinggi dan sector terkait.

 

B. Manfaat Sistem Surveylans

Adapun beberapa manfaat  yang dapat diperoleh dari sistem surveylans antara lain yaitu :

  1. Mengindentifikasikan KLB, wabah dan epidemik serta memastikan tindakan pengendalian yang efektif dan efisien untuk dilaksanakan.
  2. Memperkirakan kuantitas masalah kesehatan menurut waktu, orang, tempat dan menggambarkan riwayat alamiah penyakit.
  3. Memfasilitasi peneliti dan epidemiologi serta laboratorium dalam penelitian atau uji tertentu.
  4. Membantu menetapkan masalah kesehatan prioritas serta saran program pada tahap perencanaan program.
  5. Memantau pelaksanaan program pengendalian dengan membandingkan besarnya masalah sebelum dan sesudah dilakukan program.
  6. Mengindentifikasikan kelompok dengan risiko tinggi menurut umur, pekerjaan, tempat tinggal, lokasi masalah kesehatan sering terjadi dan variasi kejadian penyakit (musiman atau tahunan).
  7. Mengetahui beberapa vektor penyakit, reservoir binatang serta perannya dalam dinamika penularan penyakit menular.

Secara umum manfaat surveylans menurut Tracker, 2000 adalah dapat digunakan untuk melakukan perencanaan, implementasi dan evaluasi suatu program kesehatan masyarakat sehingga diharapkan dengan program yang akan dilaksaknakan akan mencapai sasaran yang sesuai dan tepat guna.

Sumber :

Pius Weraman, 2010, Dasar Surveylans Kesehatan Masyarakat, Gramata Publishing, Jakarta.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s