Alternatif Strategi Korporasi : Grand Strategy

Posted: Februari 6, 2011 in Uncategorized

Strategi umum (Grand Strategy) sering dinamakan strategi induk (master) memberikan arah bagi tindakan-tindakan strategis. Mereka merupakan penyatu arah untuk mencapai sasaran jangka panjang (goal).

Strategi umum terdiri dari 14 (empat belas) alternatif strategi, yaitu :

  1. pertumbuhan terkonsentrasi (concentrated growth/market penetration),  pengembangan pasar (Market development),
  2. pengembangan Produk (product development),
  3. Diversifikasi konsentrik (concentric diversification),
  4. Diversifikasi konglomerat (Conglomerate diversification),
  5. Inovasi (innovation),
  6. Integrasi horizontal (Horizontal integration),
  7. Integrasi Vertikal (Vertical Integration),
  8. Berbenah  diri (Turnaround),
  9. Divestasi (Divestiture),
  10. Likuidasi (Liquidation),
  11. Usaha patungan (Joint venture),
  12. Aliansi strategis (Strategic alliances)
  13. Konsorsium (Consortia).

Sumber Pustaka ;

Tedjo Tripomo dan Udah, 2005., Manajemen Strategi, Penerbit Rekayasa Sains, Bandung.

Komentar
  1. maulana mengatakan:

    Sesuai dengan apa yang saya cari, numpang copas. Btw, kok cuma ada 13? katanya 14 alternatif strategi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s