Definisi lingkungan hidup

Posted: September 21, 2010 in Lingkungan Umum

Secara umum definisi dari lingkungan hidup adalah suatu kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilaku yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya.
Bagi manusia, lingkungan merupakan segala sesuatu yang ada disekitarnya baik berupa benda hidup, benda mati, benda mati, benda nyata ataupun abstrak termasuk manusia lainnya serta keadaan atau kondisi yang terbentuk karena terjadinya interaksi diantara unsur-unsur dialam tersebut.
Pada perencanaan pembangunan suatu wilayah terdapat istilah binaan atau buatan yang dapat diartikan sebagai suatu lingkungan yang ditandai dominasi struktur buatan manusia. Sistem lingkungan binaan atau buatan bergantung pada asupan energi, sumber daya dan rekayasa manusia untuk dapat bertahan dalam jangka waktu yang diprediksi lamanya. Untuk dapat mempertahankan kelangsungan hidup lingkungan binaan maka diperlukan upaya-upaya perlindungan lingkungan hidup dari pengaruh-pengaruh dari luar seperti terjadinya pencemaran, kebisingan, pemanasan global serta perusakan sumber daya alam.

Gambar : Lingkungan Alami (1)
Gambar Lingkungan Buatan (2)

Dalam usaha perlindungan lingkungan hidup dan untuk mempermudah dalam pemahamannya maka lingkungan dapat dikelompokkan, antara lain :
• Lingkungan yang hidup (biotik) dan lingkungan tidak hidup (abiotik)
• Lingkungan alamiah dan lingkungan buatan
• Lingkungan prenatal dan lingkungan postnatal
• Lingkungan biofisis dan lingkungan psikososial
• Lingkungan air, udara, tanah, biologis dan sosial
• Kombinasi dari masing-masing klasifikasi tersebut.
Pengetahuan terhadap hubungan antar jenis lingkungan ini sangat penting agar dapat menanggulangi setiap permasalahan lingkungan secara terpadu dan tepat sasaran.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s